__

Selamat Datang Para Pengunjung BaregbegTV


Ubah Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 04 Agustus 2011

KOMPILASI PADA MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

Proses Kompilasi
Kompilasi program dimaksudkan untuk menjadikan program aplikasi menjadi sebuah file EXE, dengan tujuan supaya bisa langsung dijalankan tanpa harus memanggil aplikasi pembuatnya (Visual Basic).
Sebelum melakukan proses kompilasi, perlu diperhatikan file utama yang dijalankan (startup). Hal ini perlu karena akan menentukan proses dimulai darimana. Biasanya yang dijalankan pertama kali adalah menu utama atau dari form password. Untuk melakukan proses tersebut, lakukan langkah sebagai berikut :
-          Dari kondisi desain project Visual Basic, tampilkan menu Project
-          Pilih atau klik perintah Project Properties
-          Saat ditampilkan kotak dialog, ganti atau tetapkan form yang akan dipanggil pertama kali pada posisi Startup Object. Setelah itu klik tombol OK.
Untuk memulai membuat file EXE, lakukan langkah sebagai berikut :
-          Tampilkan menu File
-          Pilih perintah Make (nama project yang dibuat).EXE
-          Saat ditampilkan kotak dialog, ketikkan nama file EXE yang akan dibuat (secara otomatis akan ditawarkan sesuai dengan nama project yang telah dibuat). Setelah selesai, klik tombol OK.
-          Tunggu beberapa saat, proses compiling sedang dilakukan. Apabila ada kesalahan-kesalahan program, baik kesalahan sintaks maupun kesalahan logika akan diberitahu. Tapi apabila tidak terdapat kesalahan, maka akan dilanjutkan untuk membuat file EXE. Setelah langkah ini, maka aplikasi sudah menjadi file EXE dan siap dijalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lokasi Studio BaregbegTV