__

Selamat Datang Para Pengunjung BaregbegTV


Ubah Bahasa

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 18 Agustus 2011

Jalur Pantura siap H-10

BaregbegTV news.

Jakarta - Infrastruktur jalan di jalur mudik baik melalui jalur wilayah pantai utara (Pantura), wilayah jalur selatan maupun wilayah jalur tengah, diprediksi akan siap untuk digunakan pada H-10 hari raya Idul Fitri atau tanggal 20 Agustus mendatang.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Operasi Polda Jawa Tengah, Kombes M Ghufron, saat ditemui INILAH.COM di Mapolda Jawa Tengah, Selasa (16/8/2011). Menurutnya meski saat ini masih ada pengerjaan di beberapa perbaikan jalan di jalur-jalur tersebut, namun secara umum ketiga jalur wilayah tersebut sudah siap untuk dilalui.
“Infrastruktur kemarin udah rapat dengan pihak Bina Marga dan Dinas Diskominfo Jateng, bahwa semua infrastruktur jalan dan jembatan siap dilewati tanggal 20 agustus atau H - 10. Sekarang sebagian masih ada dalam pengerjaan tapi sudah bisa dilalui,” jelas M Ghufron.
Menurut Karo Ops Polda Jawa Tengah, perbaikan di jalur-jalur tersebut dilakukan karena setiap harinya jalan-jalan yang berada di tiga jalur, selalu dilalui oleh kendaraan dengan jumlah yang cukup banyak dan kendaraan yang mempunyai beban yang berat.
Ghufron menambahkan kemungkinan besar ada beberapa jalan yang belum selesai diperbaiki saat arus mudik dimulai. Namun dia memprediksi hal ini tidak akan menimbulkan kemacetan yang parah.
“Mungkin perbaikan belum selesai ketika arus mudik dan balik terjadi, tapi kita sudah antisipasi dengan meminta dinas terkait untuk meniadakan tumpukan pasir di pinggir jalan, dan alat-alat berat untuk perbaikan jalan juga jangan berada dipinggir jalan, sehingga jalur ini bisa digunakan secara maksikmal,” jelasnya lagi.
Karo Ops Polda Jateng ini tetap optimis beberapa jalan akan siap dioperasikan minimal H-7 lebaran, karena rata-rata perbaikan sudah hampir selesai dilakukan. “Jadi nanti tanggal 20 atau paling lambat H-7, sudah bisa di operasikan atau pas operasi ketupat dilaksanakan,” ucapnya.
Berdasarkan data yang dari Polda Jawa Tengah terdapat 85 lokasi jalan yang tengah dalam perbaikan dan 19 lokasi jembatan yang juga dalam tahap perbaikan. Jalan-jalan dan jembata-jembatan ini tersebar di tiga wilayah jalur mudik baik yang melalui Pantura, jalur selatan, dan jalur tengah.
Berdasarkan pengamatan dari INILAH.COM, dari wilayah Pantura, terdapat beberapa lokasi yang saat ini masih dalam pengerjaan. Salah satunya adalah yang berada di wilayah Pemalang, Jawa Tengah, dimana proses perbaikan jalan mulai terjadi selepas terminal bus Pemalang hingga sepanjang kurang lebih 10 kilo meter.
Untuk mengejar agar jalur ini cukup siap dilalui dalam arus mudik dan arus balik hari raya Idul Fitri kali ini, jalan-jalan yang diperbaiki tidak langsung diaspal, namun hanya dipadatkan dengan campuran tanah dan batu halus pada kedua sisinya.
Kondisi jalan ini cukup bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan keci, namun demikian pengendara harus tetap berhati-hati dan tidak melintas dengan kecepatan tinggi, mengingat kondisi jalan yang tidak mulus. Kondisi serupa juga terlihat dibeberapa jalan yang berada di jalur Pantura, proses pengaspalan sendiri baru dilakukan setelah hari raya Idul Fitri. [mah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lokasi Studio BaregbegTV